Sabtu, 29 Oktober 2011

Nama : Nurfie Fitriani
Npm   : 1A211308
Kelas : 3-AE13

Metode Riset (Analisis Jurnal)
Analisis jurnal 1 :
Tema         : Pengaruh Struktur Organisasi, Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Analisis strategi           terhadap Inovasi Organisasi dan Kinerja Organisasi.
Penuyusun : Falih Suaedi
Tahun        : 2005

Latar Belakang
Fenomena :
Perkembangan sektor pariwisata cukup menggembirakan, namun krisis ekonomi di pertengahan tahun 1997 dan berkembang menjadi krisis polotik telah mempengaruhi jumlah permintaan devisa. Mestinya, krisis ekonomi membawa berkah tersembunyi bagi sektor pariwisata sebab dengan terdepresiasinya rupiah terhadap dollar Amerika membuat pejalanan dan biaya hidup di Indonesia jauh lebih murah dari sebelumnya. Pengaruh krisis ekonomi di Indonesia terhadap kedatangan wisatawan mancanegara adalah semakin menurunnya jumlah wisatawan mancanegara pada tahun 1998 dan 1999.
Dua unsur sumber pangsa pasar yaitu wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, telah merangsang investor untuk melakukan penanaman modalnya di bidang akomodasi hotel. Maka lirikan investor ini akhirnya berubah menjadi meningkatnya permohonan penanaman modal dalam negeri maupun modal asing dalam bisnis perhotelan.
Optimisme industri pariwisata terhadap prospek bisnis perhotelan ini terlihat dari semakin meningkatnnya jumlah hotel dan jumlah kamar. Namun krisis moneter yang mambuat daya beli masyarakat Indonesia turun drastis serta keamnan yang tidak terjamin telah membuyarkan optimisme tersebut.

Riset : Pariwisata di Indonesia sangatlah penting untuk meningkatkan devisa di Indonesia dan  bagi masyarakat sekitar yang daerahnya memiliki pariwisata yang berpotensi untuk di kembangkan. Khususnya di bidang perhotelan.

Motivasi Penelitian : Banyaknya potensi pariwisata yang dimiliki namun berkurangnya wisatawan yang datang baik wisatawan nusantara maupun dari mancanegara. Maka dengan itu penulis malakukan penelitian tersebut.

Masalah dan Tujuan
Masalah : Apakah sturktur organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, analisis strategi, berpengaruh langsung terhadap kinerja organisasi Hotel.
Tujuan : Untuk memberikan informasi dan menambah wawasan mengenai hal ini dan menyelesaikan masalah dan mandapatkan solusi melalui penelitian ini.

Analisis Jurnal II :
Tema       : Pengaruh Motivasi terhadap kepuasan keja pegawai
Penyusun : Anwar Prabu
Tahun      : 2005

Latar Belakang
Fenomena :
          Manusia merupakan motor penggerak sumber daya yang ada dalam rangka aktifitas dan rutinitas dari sebuah organisasi atau perusahaan. Sebagaimana diketahui sebuah organisasi atau perusahaan, di dalamnnya terdiri dari berbagai macam individu yang tergolong dari berbagai status yang mana status tersebut berupa pendidikan, jabatan dan golongan, pengalaman, jenis kelamin, status perkawinan, tingjat pengeluaran, serta tingkat usia dari masing-masing individu tersebut.
            Adalah suatu kenyataan kehidupan organsisasional bahwa pimpinan memainkan peranan yang amat penting, bahkan dapat di katakan amat menentukan, dalam usaha pencapaian tujuan yang telah di tetapkan sebelumnnya. Memang benar bahwa pimpinan, baik secara individu mauoun kelompok, tidak mungkin dapat bekerja sendirian.
Pimpinan membutuhkan sekelompok orang lain, yang dengan istilah populer dikenal sebagai bawahan, yang digerakkan sedemikian rupa sehingga para bawahan itu memberikan pengabdian dan sumbangsihnya kepada organisasi, terutama dalam cara bekerja yang efisien, efektif, ekonomis dan produktif.

Riset : Pemberian motivasi sangat penting karena pimpinan atau manajer itu tidak sama dengan karyawan, kerana seorang pemimpin tidak dapat melakukan pekerjaan sendiri dan keberhasilan organisasi di tentukan oleh kinerja karyawan atau bawahan.

Motivasi Penelitian : Banyaknya yang tidak menyadari akan pentingnya motivasi bagi kinerja karyawan bagi suatu perusahaan. Dengan itu penulis melakukan penelitian tersebut.

Masalah dan Tujuan
Masalah : Bagaimana Lingkungan kerja yang menyenangkan, Tingkat pendidikan, Keinginan dan harapan serta Kebutuhan (Faktor-faktor motivasi yang dominan) mempengaruhi kepuasan kerja.
Tujuan : Untuk memberikan informasi dan menambah wawasan mengenai hal ini dan menyelesaikan masalah dan mandapatkan solusi melalui penelitian ini.

Analisis Jurnal III :
Tema         : Analisis Pengaruh kewirausahaan korporasi terhadap kinerja perusahaan.
Penyususn : Suhartini Karim
Tahun        : 2007

Latar Belakang
Fenomena :
            Sektor pertanian ini merupakan salah satu sektor ekonomi dan yang merupakan pula salah satu sarana pembangunan dan sekor pertanian ini masih memegang peranan yang sangat penting dalam meninjang laju pembangunan di Negara kita dan merupakan sektor andalan bagi Propinsi Sumatera Selatan. Karet merupakan komoditi ekspor yang mampu memberikan kontribusi di dalam upaya peningkatan devisa Indonesia.
            Crumb Rubber merupakan suatu industri pengolahan karet remah yang berbadan hukum PT yang beroperasi di Kota Palembang Propinsi Sumatera Selatan. Crumb Rubber merupakan suatu industri pengolahan karet remah yang berbadan hukum PT yang beroperasi di Kota Palembang Propinsi Sumatera Selatan. Sudah banyak yang dilakukan pihak perusahaan dalam rangka memacu roda perekonomian masyarakat kota Palembang khususnya dan petani di banyak kabupaten Propinsi Sumatera Selatan. Propinsi Sumatera Selatan merupakan propinsi yang unggul dalam bidang industri karet remah, karena produk karet merupakan komoditi ekspor unggulan yang menjadikan propinsi ini sebagai penghasi karet yang terbesar. Ekspor karet Indonesia umumnya dilakukan dalam bentuk karet remah atau dikenal dengan nama “Crumb Rubber”.
            Semakin meningkatnya jumlah pabrik pengolahan crumb rubber, khususnya di Kota Palembang berarti perusahaan harus mampu bersaing dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba. Semakin besar laba yang diperoleh maka kontinuitas perusahaan dimasa yang akan datang akan terjamin.
            Disamping tujuan memperoleh laba, perusahaan bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan ekspor non migas dan menambah devisa, meningkatkan produktifitas dan efisiensi
dari produksi karet agar dapat bersaing dengan industri sejenis dalam negeri dan luar negeri. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus mampu mengelola sumber daya yang dimilikinya seoptimal mungkin, disamping sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan/teknologi, dan sumber daya modal.
            Sumber daya lain yang harus dimiliki dan dikembangkan adalah kewirausahaan korporasi (Corporate Enterpreneurship atau Intrapreneurship). Kewirausahaan korporasi yang dipergunakan oleh sebuah organisasi untuk memperluas usaha dengan menjajaki peluang baru melalui kombinasi baru dari sumber daya yang sudah ada.

Riset : mendapati bahwa kewirausahaan korporasi merupakan faktor yang penting dan mempengaruhi dalam pencapaian keberhasilan / kinerja ukuran kinerja yang dicapai oleh perusahaan dilihat/diukur dari tingkat pertumbuhan penjualan, tingkat pertumbuhan keuntungan, dan tingkat pertumbuhan tenaga kerja.

Motivasi Penelitian : Berdasarkan dan menyikapi fenomena-fenomena di atas, maka kewirausahan korporasi perlu ditingkatkan tentunya dengan berperannya fungsi kewirausahaan dari berbagai sektor usaha, terutama sektor pabrik pengolahan crumb rubber. Mengacu pada pentingnya hal tersebut terhadap kinerja perusahaan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini.

Masalah dan Tujuan :
Masalah : bagaimana pengaruh kewirausahaan korporasi terhadap kinerja perusahaan pabrik pengolahan crumb rubber di Palembang ?
Tujuan : untuk mengetahui dan menganalisis sampai berapa jauh pengaruh kewirausahaan korporasi mempengaruhi kinerja perusahaan pabrik pengolahan crumb rubber di Palembang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar