Minggu, 30 Oktober 2011

BAB II Metode Riset

Nama : Nurfie Fitriani
Npm  : 1A211308
Kelas : 3-EA13


PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI
BAB II
Landasan teori
Tinjauan Pustaka
I.                   Landasan Teori

Teori Motivasi
Motivasi berasal dari kata latin movere yang berarti dorongan atau menggerakkan. Secara konkrit motivasi dapat diberi batasan sebagai “ Proses pemberian motif (penggerak) bekerja kepada para bawahan sedemikian rupa sehingga mereka mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan organisasi secara efisien“ (Sarwoto, 1979 : 135). “ Motivasi adalah pemberian kegairahan bekerja kepada pegawai. Dengan pemberian motivasi dimaksudkan pemberian daya perangsang kepada pegawai yang bersangkutan agar pegawai tersebut bekerja dengan segala daya dan upayanya “ (Manullang, 1982 : 150).
Penggerakkan (Motivating) dapat didefinisikan : Keseluruhan proses pemberian motif bekerja kepada para bawahan sedemikian rupa sehingga mereka mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan organisasi dengan efisien dan ekonomis “ (Siagian, 1983 : 152).
Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Motivasi semakin penting karena manajer/pimpinan membagikan pekerjaan kepada bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terintegrasi kepada tujuan yang diinginkan.

Penelitian Terdahulu
            Kajian pustaka tentang penelitian terdahulu bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya dengan yang akan dilakukan. Dibawah ini penelitian akan memberikan kesimpulan hasil penelitian yang pernah dilakukan :         Penelitian yang dilakukan oleh Darwin Azhar (2002), dengan judul “ Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai, keadaan ini dapat dilihat sebagai berikut :

Faktor-faktor Motivasi                                                         

Lingkungan Kerja X1
Tingkat Pendidikan X2                                     Kepuasan Kerja
Keinginan dan Harapan X3
Kebutuhan X4


 Pengembangan Hipotesis

Baerdasarkan dari penelitian terdahulu, dapat di temukan Hipotesisi berikut ini :

H1 : Faktor Lingkungan kerja, Tingkat Pendidikan, Keinginan dan Harapan serta Kebutuhan   secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai.
H2 : Faktor kebutuhan memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan kerja pegawai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar